Headlines News :

Inilah Dia Data Center dan Platform Facebook

Dukungan pada platform facebook yang menyediakan API dan mengembangkan HTML sendiri, yaitu Facebook Markup Language (FBML) yang merupakan sebuah varian-subset berevolusi dari HTML, memungkinkan developer (pengembang) pihak ke-3 untuk membuat aplikasi yang dapat di-integrasikan dengan “open graph” pada facebook. Lebih dari satu juta developer dan pengusaha dari 180 negara mengembangkan aplikasi untuk facebook dan 550.000 lebih aplikasi yang aktif saat ini di platform facebook.


Dan itulah yang membuat facebook selalu berkembang.
Pertumbuhan spektakuler pengguna facebook telah diterjemahkan dengan pembangunan pusat data (data center) dengan menambah lebih banyak server high – density. Facebook berupaya untuk memanfaatkan setiap inci dari ruang pusat data-nya, dengan mengisi setiap rak server yang tersedia. Server yang merupakan wadah “hidup” penyedia jejaring social tersebut tercatat sampai dengan oktober 2009 sebanyak 30.000 server dan saat ini diperkirakan sudah mencapai 60.000 server lebih (berdasarkan grafik pertumbuhan).
Facebook saat ini sedang fokus pada peningkatan efisiensi energi pada pusat data. Dan baru-baru ini telah dibuat high-density data centers di Silicon Valley. Pembuatan pusat data ini ditujukan untuk perbaikan dan efisiensi untuk mengurangi penggunaan energi sebesar 2,8 juta Kwh/tahun. Dan akan menurunan output karbon sebanyak 1.088 metrik ton atau setara dengan emisi gas 251 rumah kaca atau setara dengan emisi 395 mobil.
Mengapa begitu banyak server yang diperlukan? Facebook saat ini memiliki lebih dari 400 juta pengguna aktif, dan lebih dari 200 juta orang yang menggunakan layanan ini setiap hari. Pengguna facebook menghabiskan lebih dari 16 miliar menit setiap hari. Berbagi lebih dari 6 miliar lembar konten, termasuk update status, foto dan catatan setiap minggu. Lebih dari 3 milyar foto di-upload ke facebook setiap bulan. Dan melihat lebih dari 1 juta foto setiap detik.
Grafik pertambahan server
Facebook data center : server
Menurut Jeff Rothschild ( wakil presiden teknologi facebook), facebook mengelola lebih dari 25 Tera Byte (TB) log data per harinya. Itu sama dengan kira-kira 1000 kali jumlah surat yang diantarkan setiap harinya oleh layanan Pos Amerika (U.S. Postal Service). Server facebook juga melakukan lebih dari 50 juta operasi per detik, terutama antara web server dan cache tier. (facebook/time)
Facebook data center in Rutherford County, North Carolina
Semoga bermanfaat yea..

Artikel Terkait

0 Comentar:

Posting Komentar

Para pengurus Blog Dunia Gratis Tidak selalu Online untuk memantau Komentar yang Masuk, Jadi tolong berikan Komentar Anda dengan kata-kata yang pantas dikonsumsi oleh Publik. No SARA, SPAM dan Sejenisnya dan jangan lupa hargailah penulis dengan berkomentar,dan apa bila ada link yang rusak silahkan langsung saja melapor dengan cara berkomentar di bawah ini.