Headlines News :

Tips Cara Mempercepat Booting dan StartUp Win 7

Seperti yang telah kita ketahui, Windows 7 sudah lebih baik dalam hal booting dan startup dibanding dengan pendahulunya yaitu Windows Vista. tapi, semakin lama kita menggunakan windows 7, maka akan semakin banyak pula program atau software yang kita instal dalam perangkat kita, 


  
dan secara tidak langsung juga dapat mempengaruhi proses booting dan startup perangkat pc atau laptop kita. pada kesempatan kita kali ini, akan dibahas tentang tips dan trik yang dapat dilakukan untuk mempercepat dan memaksimalkan proses booting dan startup windows 7 pada perangkat kita.Menurut dari artikel yang saya baca, Windows 7 hanya memerlukan waktu sekitar 15-17 second untuk  proses booting pada core 2 duo 2.2 GHz dan 1 GB RAM dibanding dengan windows vista yang membutuhkan waktu sekitar 20 second. Nah, kita dapat meningkatkan proses booting tersebut menggunakan tips sederhana seperti dibawah ini.

1. Non-aktifkan Search Indexing Feature di windows 7
  • Klik Kanan pada 'Computer'  dan pilih 'Manage'
  • Klik 'Service and Aplication' dan pilih 'services'
  • Cari ' Windows Search' lalu klik kanan dan pilih 'Properties'
  • Windows Search Properties Window akan terbuka, pada 'startup type' ubah menjadi 'disable'.
Sistem ini jarang digunakan oleh kita, search indexing pada windows 7 akan mencari sebuah file sehingga dapat ditemukan dengan cepat, layanan ini berguna jika seseorang sering melakukan pencarian dalam sistem anda.

2. Non-aktifkan theme Windows Aero
Jika sobat termasuk dalam orang yang mencari kinerja lebih dalam menggunakan windows 7 dan mengesampingkan penampilan, maka cara ini dapat sobat jadikan alternatif dalam mempercepat kinerja dan booting windows 7 sobat. caranya :
  • Klik kanan pada desktop, lalu pilih 'Personalize' dan klik 'Windows Color'
  • Hilangkan centang pada ' Enable Transparency ', klik 'save setting'.
  • Dan terakhir pilih theme 'Windows 7 Basic'


3. Non-aktifkan Visual Effects yang tidak diinginkan 
Walau sudah tidak menggunakan windows aero, tapi masih banyak visual effect yang dapat kita minimalkan, sehingga dapat mempercepat proses booting dan startup.
  • Klik kanan pada 'Computer' dan pilih 'Properties'
  • Klik 'Advanced System Settings' lanjutkan dengan memilih tab 'Advanced'
  • Pada 'Perfomance' pilih 'setting'
  • Sekarang hilangkan semua tanda centang kecuali empat opsi terakhir, atau sobat dapat juga memilih mana yang diinginkan.
4. Buang Gadget
Dengan membuang gadget yang kita gunakan dan mengurangi beban widows 7, maka akan membuat proses booting dan startup windows 7 akan menjadi lebih cepat, jika ingin menggunakan gadget, sebaiknya gunakan yang perlu saja.

Masih banyak sekali cara-cara yang dapat kita gunakan dalam mempercepat kinerja windows 7 kita, karena keterbatasan waktu penulis, untuk saat ini sekian dulu yah,.. lain kesempatan akan kita lanjutkan lagi pembahasan kita ini,..

Semoga dapat bermanfaat,jangan lupa berikan komentarnya.

Artikel Terkait

0 Comentar:

Posting Komentar

Para pengurus Blog Dunia Gratis Tidak selalu Online untuk memantau Komentar yang Masuk, Jadi tolong berikan Komentar Anda dengan kata-kata yang pantas dikonsumsi oleh Publik. No SARA, SPAM dan Sejenisnya dan jangan lupa hargailah penulis dengan berkomentar,dan apa bila ada link yang rusak silahkan langsung saja melapor dengan cara berkomentar di bawah ini.