Headlines News :

Facebook Scam & Tips Sederhana Pengaturan Profil Facebook


Facebook mengalami banyak perubahan, mulai dari tampilan, fitur dan juga keamanan. Yang paling utama saat ini adalah masalah keamanan bagi para pengguna facebook. Facebook mengalami perubahan bukan berarti para penggunanya akan terjamin keamanannya, bahkan akhir pekan ini ada cara lain (penipuan) yang mengatasnamakan Facebook lewat email pengguna facebook, yaitu
dengan cara memanfaatkan alamat email pengguna facebook lalu mengirimkan sebuah pesan dengan disertai lampiran (attachment) untuk di downlaod dan dijalakan di komupter. Hal ini dikenal sebagai Scam, silahkan lihat artikelnya di SINI

Untuk mencegah hal diatas, Saya pernah memposting artikel untuk mengatur akun facebook anda supaya tidak di hack atau dibajak, dan mungkin diantaranya anda sudah bisa cara mengatur facebook. Tips ini tidak jauh berbeda dengan tips sebelumnya dan tentu sangat sederhana dan mudah untuk diikuti langkah-langkahnya sampai selesai.

Ada 3 cara untuk mengatur akun Facebook, yaitu Sunting dari profil Info anda langsung atau di menu Pengaturan Akun dan satu lagi Email anda:

Tips ke-1 pengaturan dari Profil Info:


  • Untuk mengikuti tips ini, silahkan anda atur Facebook anda di Komputer (bukan di Handphone).

  1. Silahkan Login ke akun Facebook anda
  2. Untuk memudahkan pengaturan silahkan ubah bahasa tampilan Facebook anda ke Bahasa Indonesia
  3. Masuk ke Profil anda (klik menu Profil)
  4. Silahkan pilih menu Sunting Profil Saya di sebelah kiri dibawah Foto Profil
  5. Atau pilih Tab Info
  6. Pilih Informasi Kontak dan disana terdapat info Email, Nama Pengguna IM, Telepon Seluler, sampai Situs WEB
  7. Di sebelah kanan terdapat gambar Kunci, pilih dan kemudian pilih Ubahsuai Sunting
  8. Akan tampil pop-up Ubah-suaikan Privasi
  9. Pada drop-down menu silahkan anda sesuaikan orang yang dapat melihat Info anda, karena Info inilah yang sangat penting diantara info lainnya. Saran dari saya silahkan anda pilih Hanya Saya saja di drop-down menu tersebut dari mulai Pengguna IM sampai Alamat Tempat Tinggal anda atau sampai Situs Web
  10. Setelah anda mengatur dalam pop-up tersebut silahkan klik tombol Simpan Pengaturan tersebut

Tips ke-2 melalui Menu Akun:


  1. Silahkan Login ke akun Facebook anda
  2. Untuk memudahkan pengaturan silahkan ubah bahasa tampilan Facebook anda ke Bahasa Indonesia
  3. Silakan pilih menu Akun disebelah kanan atas
  4. Di menu drop-down pilih menu Pengaturan Privasi
  5. Setelah di halaman Pengaturan Privasi, silahkan pilih menu Informasi Kontak dan lihat disetiap infor terdapat gambar kunci yang harus anda atur.
  6. Ikuti langkah-langkahnya seperti Cara ke-1 point No. 7 – 10.
  7. Lihat seperti gambar dibawah setelah di atur infonya satu persatu (itu pengaturan facebook saya).


  • Jika anda ingin mengatur Informasi lainnya seperti Informasi kontak silahkan klik tombol kembali ke Privasi, kemudian pilih menu Informasi Profil dan hasil pengaturannya seperti gambar dibawah. (itu pengaturan facebook saya, tapi terserah anda mau sama atau beda dengan saya).

Anda bisa melihat hasil pengaturan Informasi Kontak anda itu dari akun facebook lain (jika anda memiliki akun facebook 2 atau lebih) atau dari akun teman anda.

Tips ke-3 yaitu Alamat Email:


Disarankan anda jangan menggunakan beberapa akun dengan satu alamat email, contohnya anda memiliki akun Facebook, Twitter, Friendster, Internet Messenger, Blog atau yang lainnya dengan menggunakan 1 alamat email (sangat tidak disarakan), karena apabila salah satu akun anda bermasalah (diHack) maka akun lainnya pun akan berdampak hal yang sama. Lebih baik anda membuat alamat email baru untuk akun yang lainnya dan anda juga jangan bingung apabila anda memiliki banyak alamat email, manfaatkanlah fasilitas yang anda miliki seperti di Handphone atau yang lainnya. hehehehe…

Tips diatas merupakan tips yang perlu anda atur, karena Informasi Kontak dan Profil anda sangatlah penting dan sangat rentan dicuri atau dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Semoga Bermanfaat Sobat.

Artikel Terkait

0 Comentar:

Posting Komentar

Para pengurus Blog Dunia Gratis Tidak selalu Online untuk memantau Komentar yang Masuk, Jadi tolong berikan Komentar Anda dengan kata-kata yang pantas dikonsumsi oleh Publik. No SARA, SPAM dan Sejenisnya dan jangan lupa hargailah penulis dengan berkomentar,dan apa bila ada link yang rusak silahkan langsung saja melapor dengan cara berkomentar di bawah ini.